1.Buatlah sebuah Flash Dokumen
2.Buatlah sebuah lingkaran kecil tanpa garis(stroke)
3.Klik objek,tekan F8,isi nama dengan salju,movie clip sebagai type,dan pastikan titik registration berada
ditengah.
4.Hapus Movie Clip di stage(lembar kerja),dan tekan CTRL+L,maka akan muncul panel library,klik kanan dan
pilih linkage.
5.Centreng pada Export for ActionScript,masukan salju sebagai identifer dan tekan OK.
6.Buatlah sebuah Pesergi dengan ukuran sesuai stage,beri warna biru,dan letakan pada tengah-tengah stage.
7.klik frame 1 dan tekan F9,maka akan muncul panel Action,masukan Script berikut :
//membuat variable bernama jumlah_animasi dengan nilai 0 jumlah_animasi = 0; //perintah yang dijalankan ketika frame ini dimainkan onEnterFrame = function () { //jika jumlah_animasi kurang dari 30 if (jumlah_animasi<30) { //memasukkan movie clip berlinkage salhu ke dalam stage dengan instance name salju pada posisi x sama dengan nilai acak panjang stage dan posisi y sama dengan 0 salju = attachMovie("salju", "salju"+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:random(Stage.width), _y:0}); //nilai ukuran salju sama dengan nilai acak 30 ditambah 60 salju._xscale = salju._yscale=random(30)+60; //membuat variable kecepatan di dalam movie clip salju dengan nilai acak 10 ditambah 2 salju.kecepatan = random(6)+2; //varibale jumlah_animasi ditambah 1 jumlah_animasi += 1; //perintah yang dijalankan ketika frame movie clip salju dimainkan salju.onEnterFrame = function() { //koordinat y movie clip ini ditambah nilai variable kecepatan movie clip ini this._y += this.kecepatan; //jika nilai koordinat y movie clip ini lebih dari nilai lebar stage if (this._y>Stage.height) { //hapus movie clip ini dari stage this.removeMovieClip(); //nilai variable jumlah_animasi dikurangi 1 jumlah_animasi -= 1; } }; } };
Tidak ada komentar:
Posting Komentar